Reportase Latihan Keorganisasian HMTK 2014 : 1, 2 , 3, 4

23 Oct 2014

Organisasi, berasal dari kata organ, yang merupakan bagian. Dengan demikian organisasi merupakan sekumpulan bagian-bagian yang saling berkaitan untuk melakukan suatu tindakan demi tercapainya suatu tujuan tertentu. Jika diproyeksikan dalam berkehidupan sosial, maka sudah pasti kita(manusia) sebagai makhluk sosial, tak akan lepas dari suatu organisasi, baik secara mikro maupun makro.

Mendasar pada hal ini lah, Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer (HMTK) Universitas Gunadarma mempunyai tanggung jawab memberikan bimbingan untuk anggotanya agar bisa menjadi manusia sosial seutuhnya. Paling tidak mempunyai usaha dan motivasi kearah tersebut.

Hampir 15 tahun usia HMTK, berbagai situasi baik polemik maupun kejayaan telah banyak silih berganti dirasakan, tak akan pernah surut untuk memberi bimbingan kepada siapapun demi kabaikan bersama. Hal ini dibuktikan dengan keseriusan HMTK beberapa hari yang lalu melalui Pelatihan Keorganisasian HMTK, atau biasa kita sebut dengan LDK HMTK

Ada hal yang berbeda dalam Pelatihan kali ini, dan bagi penulis ini merupakan suatu rekor baru serta merupakan pencerahan dalam organisasi ini. Berikut hal-hal menarik yang terdapat dalam Pelatihan Keorganisasian LDK Tahun 2014.

  1. Pelatihan yang hanya dilaksanakan selama satu malam ini memuat banyak sekali materi yang dirancang oleh penyelenggara dengan konsep Kurikulum yang berbeda dengan sebelumnya, bertujuan merangsang nalar dan mengembangkan kemampuan yang terdapat pada diri peserta pelatihan.
  2. Selama dua hari Pelatihan yang dimulai dari sabtu pagi sampai minggu sore, terdapat banyak sekali simulasi. Hal ini merupakan transformasi dari realita kondisi kehidupan sosial, kampus, dan negara, bertujuan menstimulus kepekaan peserta terhadap kondisi sosial sekitarnya.
  3. Dalam Pelatihan kali ini, terdapat berbagai tujuan-tujuan. Salah satunya adalah menyatukan tiga bagian yang terdapat dalam organisasi ini untuk dapat saling membangun demi kemajuan bersama. Ialah HMSK yang merupakan organisasi intra kampus untuk jurusan Sistem Komputer yang baru berdiri, Makertekom HMTK yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan, dan HMTK sebagai organisasi induk serta merupakan titik sentral dari HMSK dan Makertekom HMTK. Dari Pelatihan inilah diharapkan ketiga bagian tersebut dapat saling membangun bersama dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi berupa pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi Indonesia.
  4. Di awal tulisan tadi, penulis menginformasikan hal-hal menarik yang terdapat dalam Pelatihan ini. Selain tiga hal diatas, HMTK telah berhasil merealisasikan Pelatihan yang diselenggarakan oleh empat Ketua Umum HMTK sekaligus dua Sekertaris Jendral HMTK. Ketua Umum HMTK tersebut adalah Fajar Alhakim, Amd. (Ketua Umum HMTK 2005, IT System Analist Bima Palma Grup), Derrys Saputra, Amd. (Ketua Umum HMTK 2010, IT System RSU Thamrin) , Muhammad Muchlis Assidiq, S.Kom. (Ketua Umum HMTK 2011, IT StaffImprova Datamedia), serta Bagus Arif Andrian, Amd. (Ketua Umum HMTK 2013, Guru MultimediaSMK PGRI 3 Bogor). Sekertaris Jendral HMTK yang ikut berperan aktif dalam mensukseskan Pelatihan ini adalah Gagat Prasasthi (Sekertaris Jendral HMTK 2009, IT ProcedureSinar Mas Grup), dan Raden Andhika Pradana (Sekertaris Jendral HMTK 2011, IT Manager-Veraue & Ilmu Berbagi).

Selain empat hal menarik dan nama-nama yang telah disebutkan diatas, penulis ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk berbagai pihak yang telah membantu suksesnya pelatihan ini, terutama kepada Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer, baik pengurus, anggota, maupun para pasca dalam sumbangsihnya diberbagai hal.

Dalam dunia organisasi terutama HMTK yang saat ini hampir berumur 15 tahun, banyak sekali berbagai persoalan yang melanda, salah satunya perbedaan sudut pandang penyelesaian persoalan itu sendiri yang terjadi antar bagian dalam internal HMTK. Namun itu semua tidak menyurutkan semangat untuk membangun HMTK yang lebih baik secara bersama-sama.

Semoga diwaktu yang akan datang HMTK bisa terus bersama dan berperan lebih aktif membimbing kita semua agar bisa melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Indonesia dengan sebenar-benarnya, demi tercapainya kehidupan sosial yang berbudaya leluhur nusantara yang santun, peduli, cerdas, kuat, dan solid.

Bogor, 16 September 2014, Cuaca cerah siang hari ditemani segelas kopi dan beberapa batang rokok.

~Bagus Arif Andrian~


TAGS organisasi


-

Author

Follow Me